Berita

FGD Kurikulum Jurusan Teknik Sipil PNK: Kolaborasi untuk Masa Depan Pendidikan yang Berkualitas

PNK, KUPANG – Jurusan Teknik Sipil di Politeknik Negeri Kupang (PNK), melalui Program Diploma III Teknik Sipil, S1 Terapan PJJ, dan S1 Terapan TPIPP, mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan berbagai pihak terkait untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menyusun kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri. Acara ini berlangsung di Auditorium Lantai 2 PNK pada Selasa, 4 Juni 2024

Sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di PNK, FGD ini diinisiasi untuk melakukan evaluasi kurikulum program studi yang berada di Jurusan Teknik Sipil.

FGD ini melibatkan pembukaan oleh Wadir I PNK, sesi diskusi tentang kurikulum masing-masing program studi, presentasi hasil FGD oleh kelompok, dan penutupan oleh Wadir I PNK.

Pihak yang terlibat dalam acara ini meliputi perwakilan INTAKINDO, perusahaan-perusahaan terkait, dosen-dosen, dan staf pengajar Jurusan Teknik Sipil PNK.

Semangat kolaboratif yang ditunjukkan dalam FGD ini mencerminkan komitmen bersama untuk memperkuat sektor pendidikan dan industri. Diharapkan, hasil dari FGD ini akan membangun fondasi yang kokoh untuk masa depan pendidikan yang lebih berkualitas dan relevan.

Maksud dari kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan oleh Jurusan Teknik Sipil di Politeknik Negeri Kupang (PNK) adalah untuk menciptakan sebuah forum kolaboratif dimana berbagai pemangku kepentingan terkait, termasuk perwakilan industri, dosen, staf pengajar, dan alumni, dapat berkumpul untuk berbagi pandangan, pengalaman, dan saran yang konstruktif terkait dengan kurikulum dan proses pendidikan di jurusan tersebut.

Tujuan utama dari FGD ini adalah:

Meningkatkan Mutu Pendidikan: Melalui diskusi yang mendalam, FGD bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran di PNK, khususnya dalam bidang Teknik Sipil. Dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, diharapkan dapat ditemukan solusi yang efektif untuk meningkatkan standar pendidikan dan menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Menyesuaikan Kurikulum dengan Kebutuhan Industri: FGD bertujuan untuk merumuskan kurikulum yang relevan dengan tuntutan dan perkembangan industri saat ini. Melalui dialog antara akademisi dan perwakilan industri, diharapkan dapat teridentifikasi kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan oleh pasar kerja, sehingga kurikulum dapat disesuaikan dengan baik.

Mengumpulkan Masukan dan Opini: Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengumpulkan masukan dan opini dari berbagai pihak terkait, termasuk alumni dan pengguna lulusan. Hal ini akan membantu dalam pemahaman lebih mendalam tentang kebutuhan dan harapan stakeholder terhadap pendidikan di jurusan Teknik Sipil.

Memperkuat Kolaborasi: FGD bertujuan untuk memperkuat kolaborasi antara lembaga pendidikan dan industri. Melalui interaksi yang intensif dalam diskusi, diharapkan terjalin kerjasama yang lebih erat antara PNK dan perusahaan-perusahaan terkait, sehingga mampu menciptakan kesempatan kerja dan pengembangan profesional bagi lulusan.


Dengan demikian, FGD ini diharapkan dapat menjadi wahana yang efektif dalam mengoptimalkan pendidikan di Jurusan Teknik Sipil PNK, serta menghasilkan lulusan yang siap bersaing dan berkontribusi dalam industri dan pembangunan bangsa. (Humas PNK)