Berita

PNK Memulai Kerjasama dengan INTACT Base Taiwan dalam Program INTENSE untuk Memajukan Pendidikan dan Industri

Direktur PNK Resmikan Kolaborasi dengan Taiwan dalam Acara Sosialisasi

PNK, KUPANG – Hari ini, Rabu, 29 Mei 2024, Politeknik Negeri Kupang (PNK) menggelar acara sosialisasi yang bersejarah di Auditoriumnya, menandai langkah baru dalam kemitraan antara Indonesia dan Taiwan. Acara tersebut bertujuan untuk memperkenalkan dan meresmikan kerjasama baru antara PNK dan International Talent Circulation Base (INTACT Base) Taiwan-Indonesia.

Puncak acara adalah penandatanganan Memorandum Kerjasama (MoC) antara PNK dan INTACT Base. MoC tersebut menandai komitmen kedua belah pihak untuk memperkuat hubungan dan mengembangkan kerjasama di bidang pendidikan tinggi, dengan fokus pada internasionalisasi pendidikan.

INTACT Base, yang terdiri dari Universitas Cheng Shiu, Universitas Hsing Wu, dan Universitas Chaoyang, bersama PNK, sepakat untuk berkolaborasi dalam pembinaan bakat-bakat mahasiswa Indonesia melalui Program INTENSE, serta mempromosikan pengajaran dan pembelajaran bahasa Cina di Indonesia.

Selain penandatanganan MoC, acara ini juga menjadi wadah untuk membahas rincian kerjasama antara PNK dan INTACT Base dalam pengembangan bakat serta pendidikan bahasa Cina. PNK akan mengidentifikasi mahasiswa yang berpotensi untuk Program INTENSE dan mengedukasi mahasiswa tentang peluang tersebut, sementara INTACT Base akan memberikan dukungan dalam pengembangan kursus bahasa Cina di PNK.

Kerjasama ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara PNK dan INTACT Base serta membuka peluang baru bagi mahasiswa PNK untuk berkembang dalam lingkungan pendidikan internasional. Dalam pidatonya, Direktur PNK menyatakan komitmen institusi untuk terus memajukan pendidikan dan memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswanya.

Dengan acara ini, harapan akan kolaborasi yang produktif dan saling menguntungkan antara PNK dan INTACT Base semakin membara.

***
Kesimpulan dari acara sosialisasi ini adalah:

Kemitraan Baru: PNK dan INTACT Base Taiwan-Indonesia telah resmi menjalin kemitraan baru dalam bidang pendidikan tinggi, menandai awal dari kerjasama yang berpotensi memberikan manfaat jangka panjang bagi kedua belah pihak.

Fokus Pendidikan Internasional: Kerjasama ini menekankan pentingnya internasionalisasi pendidikan tinggi dengan menawarkan kesempatan bagi mahasiswa PNK untuk mengembangkan diri melalui Program INTENSE di Taiwan dan mempromosikan pembelajaran bahasa Cina di Indonesia.

Tujuan Bersama: Melalui penandatanganan MoC dan diskusi lebih lanjut, PNK dan INTACT Base telah menetapkan tujuan bersama untuk memperkuat bakat mahasiswa, memajukan pendidikan bahasa Cina, dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan berdaya saing.

Komunikasi dan Kolaborasi: Acara sosialisasi ini menjadi forum untuk memperkuat komunikasi antara kedua belah pihak dan mengidentifikasi area-area potensial untuk kolaborasi masa depan, termasuk pengembangan program dan inisiatif baru.

Dengan demikian, kesimpulan dari acara sosialisasi ini adalah bahwa kerjasama antara PNK dan INTACT Base membawa harapan akan perkembangan yang signifikan dalam pendidikan tinggi di Indonesia, sambil memperluas horison mahasiswa dan memperkuat koneksi internasional. (Humas PNK)