Politeknik Negeri Kupang (PNK) melepas 1095 wisudawan, Senin, 06/12/2021 dan selasa 07/12/2021

Direktur PNK, Frans Mangngi ST., M.Eng mengungkapkan, pada prosesi wisuda tahun 2021 ini PNK melepas 1095 lulusan yang berasal dari enam jurusan dan tersebar pada 16 program studi dengan rincian delapan program studi jenjang sarjana terapan dan delapan program studi jenjang diploma 3 atau ahli madya dalam 2 kali prosesi wisuda

“Hari ini merupakan hari yang sangat istimewa bagi para wisudawan/ wisudawati bersama keluarganya karena dapat mengikuti proses penting dalam pencapaian dan akhir dari satu jenjang akademik di perguruan tinggi. Untuk itu saya atas nama pimpinan dan keluarga besar Politeknik Negeri Kupang mengucapkan selamat kepada saudara saudari semua,” kata Frans. 

“Saudara telah berhasil dengan baik menyelesaikan studi di PNK. Pencapaian saudara adalah bukti kerja keras dan dedikasi saudara yang tentu tidak terpisah dari motivasi doa dan dukungan dari banyak pihak dalam usaha tersebut terutama para orangtua keluarga dan orang – orang yang kalian kasihi,” lanjutnya.

Ditengah tantangan persaingan yang cukup ketat ditambah kondisi pandemi Covid-19 serta tantangan perkembangan revolusi industri 4.0, Frans berharap para wisudawan / wisudawati dapat terus membangun optimisme kepekaan diri yang tinggi untuk membuktikan bahwa alumni PNK mampu berkiprah dan dapat bersaing di dunia industri, dunia usaha dan dunia kerja baik ditingkat nasional maupun internasional. 

“Kami yakin dan berharap melalui proses pendidikan yang telah anda lewati di Politeknik Negeri Kupang anda telah mendapatkan bekal pengalaman intelektual serta keterampilan yang cukup untuk memasuki dunia kerja,” ujarnya.

Frans juga meminta para wisudawan untuk terus mengembangkan potensi yang mereka miliki saat ini terutama untuk memenuhi kompetensi abad 21 dan tuntutan revolusi industri 4.0 yakni SDM yang adaptif, fleksibel, kreatif, motivasi menguasai IT, menguasai bahasa internasional, komunikatif, punya sikap leadership yang tinggi dan mampu berpikir dan bertindak kritis 

“Kepada orangtua wali dan seluruh keluarga wisudawan/ wisudawati kami mengucapkan selamat atas keberhasilan yang diraih oleh putera puteri bapak dan ibu. Dengan gelar akademis yang berhasil disandang mereka dan dengan kemampuan dan kompetensi yang diraih kami mengharapkan lulusan Politeknik Negeri Kupang dapat berkarya memberikan manfaat dan kontribusi nyata bagi Nusa dan Bangsa dan masyarakat NTT pada khususnya,” kata dia.

“Seiring dengan perkembangan teknologi dan Ilmu pengetahuan saat ini Politeknik Negeri Kupang bertekad untuk terus meningkatkan layanan akademiknya sesuai dengan perkembangan teknologi dan tuntutan pengguna lulusan atau stakeholder kami menyadari sepenuhnya bahwa revolusi industri 4.0 dan perkembangan teknologi saat ini akan sangat mempengaruhi Proses pendidikan yang akan kami lakukan di Politeknik Negeri Kupang untuk terus beradaptasi dengan perubahan – perubahan tersebut,” lanjutnya. 

Di kesempatan yang sama pada prosesi wisudawan/i PNK 2021, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat menantang para wisudwan agar lebih kreatif memanfaatkan potensi lokal yang ada. Jangan berorientasi menjadi Aparatur Sipil Negara(ASN)

Bahkan berdasarkan pengalaman menunjukkan bahwa para lulusan lebih menyia-nyiakan waktu sekian lama hanya untuk menunggu tes ASN termasuk lulusan di bidang pertanian. Gubernur NTT berharap agar kedepannya lembaga PNK harus memulai untuk melatih seluruh sarjana terapan melihat local resouce basenya untuk dibangun karena tidak ada negara atau daerah yang berkembang dengan resources dari luar.

Categories:

Tags:

Comments are closed