Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri se-Indonesia Tahun 2021

Read Time:2 Minute, 17 Second

Jalur SNMPN merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) pada tahun 2014 menetapkan pola Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK- PN) akan dilakukan bersama dan diikuti oleh seluruh Politeknik Negeri se-Indonesia (sebanyak 38 Politeknik Negeri) secara on-line. Hal ini dilaksanakan dengan berdasarkan pada UU No. 12 Tahun 2012, PP No. 66 dan PP No. 34 Tahun 2010.

Dari tahun ke tahun jumlah politeknik peserta jalur penerimaan ini meningkat. Dan hingga tahun 2021 tercatat sejumlah 44 politeknik yang mengikuti seleksi ini. Sejak 2020, istilah PMDK-PN berganti nama menjadi Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN). Meski terdapat perubahan penamaan, namun mekanisme dan proses seleksi jalur ini masih sama seperti PMDK-PN dan diikuti pula oleh 44 politeknik negeri se-Indonesia. Selain itu, mulai tahun 2021 SNMPN hanya mengadakan proses pendaftaran untuk jenjang Pendidikan Diploma 3 (D3).

Pendaftaran calon peserta/Siswa melalui jalur SNMPN tidak dikenakan biaya apapun karena semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah. Jalur SNMPN ini juga mengakomodir calon peserta/siswa yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi.

Informasi iengkap serta tata cara pendaftaran Jalur SNMPN dapat diakses pihak sekolah melalui situs https://snmpn.politeknik.or.id dengan cara login menggunakan username dan password yang akan diberikan panitia kepada masing-masing sekolah dan mendaftarkan siswa-siswa terbaiknya.

Siswa yang Berhak Mendaftar Adalah Siswa Lulusan Tahun 2021

Selanjutnya siswa-siswa tersebut akan diberikan username dan password yang dapat digunakan untuk memasukkan data secara on-line. Selain mengakses situs https://snmpn.politeknik.or.id peserta dapat juga menghubungi Politeknik Negeri Kupang melalui bagian Akademik PNK dan Humas PNK.

sedangkan jenjang Pendidikan Sarjana Terapan atau Diploma 4 (D4) proses seleksi melalui SNMPTN yang diselenggarakan oleh LTMPTUntuk Calon Mahasiswa/i Program Sarjana Terapan / D4 dapat mengklik tombol dibawah ini untuk melihat informasi pada web LTMPT. Dokumen informasi dapat diunduh pada link berikut

Untuk pendaftaran akun sekolah yang belum terkoneksi dengan LTMPT dan calon mahasiswa Program Sarjana Terapan / D4 pada tombol dibawah ini ( Batas waktu pendaftaran akun bagi siswa untuk ikut LTMPT adalah 1 Februari 2021

Berikut Ini adalah Jadwal atau kalender yang harus diperhatikan oleh calon mahasiswa untuk SNMPN bagi Program Diploma 3 dan SNMPTN bagi Program Sarjana Terapan yang mau masuk Politeknik Negeri Kupang

Show More

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%
Back to top button